Doa Orang Sakit Islam 6 Macam

Doa orang sakit islam menjadi ikhtiar terampuh ketika muslim menderita suatu penyakit. Hidup manusia tidak bisa terlepas dari kata sakit. Setiap saat setiap waktu, ada saja penyakit itu datang. Entah itu penyakit kasat mata maupun yang menyerang batin atau mental.

Sebagai umat islam, kita sudah mengetahui dengan cukup jelas bahwa ketika menderita suatu musibah ada dua hal yang wajib dilakukan yaitu ikhtiar dan tawakal. Ikhtiar dalam artian melakukan usaha untuk menemukan cara mengatasi masalah yang sedang menghampiri. Sedangkan tawakal adalah berserah diri dan berfikir positif bahwa semua yang menimpa diri kita adalah kehendak Allah untuk kebaikan umat-Nya.

Nabi Muhammad SAW memberikan teladan bagaimana cara beliau mendoakan orang yang sedang menderita sakit. Tentu hal ini bisa kita contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di bawah ini merupakan kumpulan doa orang sakit islam yaitu :

1. Doa Orang Sakit dalam Agama Islam Pertama

Dari Annas bin Malik r.a bahwa beliau berkata kepada Tsabit Al-Bunani :

“Maukah engkau aku rukyah dengan ruqyah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Tsabit menjawab: “Ya”. Maka Anas membaca :


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟْﺒِﺄْﺱَ، ﺍﺷْﻒِ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺸَﺎﻓِﻲ ﻻَ ﺷَﺎﻓِﻲَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻻَ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻔَﻤًﺎ ‎

“Ya Allah, Rabb sekalian manusia, yang menghilangkan segala petaka, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tak ada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, sebuah kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR. Al-Bukhari)

Di dalam riwayah lain dari ‘Aisyah r.a, beliau berkata :

“Dahulu bila salah seorang dari kami mengeluhkan rasa sakit maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusapnya dengan tangan kanan beliau dan membaca :


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟْﺒِﺄْﺱَ، ﺍﺷْﻒِ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻲ ﻻَ ﺷِﻔَﺎﺀَ ﺇِﻻَّ ﺷِﻔَﺎﺅُﻙَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻻَ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻔَﻤًﺎ ‎

“Ya Allah, Rabb sekalian manusia, hilangkanlah petakanya dan sembuhkanlah dia, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tak ada penyembuh kecuali penyembuhan-Mu, sebuah penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Doa Orang Sakit Kedua

Dari ‘Aisyah r.a, bahwa beliau berkata :

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merukyah dengan membaca :


ﺍﻣْﺴِﺢِ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺑِﻴَﺪِﻙَ ﺍﻟﺸِّﻔَﺎﺀِ ﻻَ ﻛَﺎﺷِﻒَ ﻟَﻪُ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ‎

“Hapuslah petakanya, wahai Rabb sekalian manusia. Di tangan-Mu seluruh penyembuhan, tak ada yang menyingkap untuknya kecuali Engkau.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Doa orang yang sedang sakit

Dari Aisyah r.a, bahwa beliau berkata :

“Dahulu Rasulullah SAW bila meruqyah beliau membaca :


ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗُﺮْﺑَﺔُ ﺃَﺭْﺿِﻨَﺎ ﺑِﺮِﻳْﻘَﺔِ ﺑَﻌْﻀِﻨَﺎ ﻟِﻴُﺸْﻔَﻰ ﺑِﻪِ ﺳَﻘِﻴْﻤُﻨَﺎ، ﺑِﺈِﺫْﻥِ ﺭَﺑِّﻨَﺎ ‎

“Dengan nama Allah. Tanah bumi kami dan air ludah sebagian kami, semoga disembuhkan dengannya orang yang sakit di antara kami, dengan seizin Rabb kami.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

4. Doa orang sakit

Dari Abu Al-Ash Ats- Tsaqafi r.a, bahwa beliau mengeluhkan sakit yang dirasakan di tubuhnya semenjak masuk Islam kepada Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda kepadanya :


ﺿَﻊْ ﻳَﺪَﻙَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺗَﺄَﻟَّﻢَ ﻓِﻲْ ﺟَﺴَﺪِﻙَ ﻭَﻗُﻞْ: ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺛَﻼَﺛًﺎ، ﻭَﻗُﻞْ ﺳَﺒْﻊَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ: ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻭَﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺃَﺟِﺪُ ﻭَﺃُﺣَﺎﺫِﺭُ ‎

“Letakkanlah tanganmu pada tempat yang sakit dari tubuhmu dan ucapkanlah, ‘Bismillah (Dengan nama Allah)’ sebanyak tiga kali. Lalu ucapkanlah :


ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻭَﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺃَﺟِﺪُ ﻭَﺃُﺣَﺎﺫِﺭُ ‎

Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan sesuatu yang kurasakan dan kuhindarkan,’ sebanyak tujuh kali.” (HR. Muslim)

5. Doa orang yang sakit

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas r.a, dari Nabi SAW, bahwa beliau bersabda :


ﻣَﻦْ ﻋَﺎﺩَ ﻣَﺮِﻳْﻀًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺤْﻀُﺮْ ﺃَﺟَﻠُﻪُ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﺳَﺒْﻊَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ: ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ ﺃَﻥْ ﻳَﺸْﻔِﻴْﻚَ، ﺇِﻻَّ ﻋَﺎﻓَﺎﻩُ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻲْ ﺫَﻟِﻚَ ‎

“Barangsiapa mengunjungi orang sakit selama belum datang ajalnya, lalu dia bacakan di sisinya sebanyak tujuh kali :


ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ ﺃَﻥْ ﻳَﺸْﻔِﻴْﻚَ ‎

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Pemilik ‘Arsy yang besar, semoga menyembuhkanmu,’ niscaya Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.” (HR. Abu Dawud, At-Turmudzi, dan dihasankan oleh Al-Hafizh dalam Takhrij Al-Adzkar)

6. Kumpulan Doa Orang Sakit

Dari Sa’d bin Abi Waqqash r.a, beliau berkata: “Nabi SAW mengunjungiku (ketika aku sakit) dan beliau membaca :


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺷْﻒِ ﺳَﻌْﺪًﺍ، ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺷْﻒِ ﺳَﻌْﺪًﺍ، ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺷْﻒِ ﺳَﻌْﺪًﺍ

“Ya Allah, sembuhkanlah Sa’d Ya Allah, sembuhkanlah Sa’d. Ya Allah, sembuhkanlah Sa’d.” (HR. Muslim)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Doa Harian dengan judul Doa Orang Sakit Islam 6 Macam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/08/doa-orang-sakit-islam-6-macam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Jumat, 03 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk "Doa Orang Sakit Islam 6 Macam"

Posting Komentar