Doa Menjenguk Orang Sakit 5 Macam

Doa menjenguk orang sakit dalam menjalin silaturahmi antarumat islam. Sebagai sesama muslim, sudah seharusnya ketika ada seorang muslim lain sedang tertimpa penyakit maka kewajiban kita adalah menjenguk dan mendoakan kesembuhan baginya. Semoga semua umat muslim di seluruh dunia tetap terjaga kesehatan dan keimanannya. Aamiin.

doa-menjenguk-orang-sakit.jpg

Menjenguk orang sakit dilakukan untuk menghibur orang yang sedang sakit agar segera sembuh dari penyakitnya. Ada berbagai doa menjenguk orang sakit yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah berikut ini :


ﺍﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺍَﺫْﻫِﺐِ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱَ ﺍﺷْﻒِ ﻓَﺄَﻧْﺖَ ﺍﻟﺸَّﺎﻓﻲِ ﻻَ ﺷِﻔَﺎﺀَ ﺇِﻻَّ ﺷِﻔَﺎﺅُﻙَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻻَ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻘَﻤﺎ

ًArtinya : “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim)

2. Doa menjenguk orang sakit


ﺃَﺳْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﯿْﻢَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﯿْﻢِ ﺃَﻥْ ﯾَﺸْﻔِﯿَﻚَ

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Mulia pemilik Arasy Yang Agung, agar Dia menyembuhkanmu”.

Diriwayatkan dalam Shahih Tirmidzi :

“Setiap hamba muslim yang mengunjungi orang sakit, yang belum datang ajalnya kemudian dia membaca: (do’a di atas) tujuh kali, maka (orang yang sakit tersebut) akan disembuhkan”.

3. Doa menengok orang sakit

Doa ini dibaca ketika menengok orang yang sedang sakit.


ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍَﺯِﻝْ ﻋَﻨْﻪُ ﺍﻟْﻌِﻠَﻞَ ﻭَﺍﻟﺪَّﺁﺀَ، ﻭَﺍَﻋِﺪْﻩُ ﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﺼِّﺤَّﺔِ ﻭَﺍﻟﺸِّﻔَﺂﺀِ، ﻭَﺍَﻣِـﺪَّﻩُ ﺑِﺤُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻮِﻗَﺎﻳَﺔِ، ﻭَﺭُﺩَّﻩُ ﺍِﻟَﻰ ﺣُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻌَﺎﻓِﻴَﺔِ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻣَﺎﻧَﺎﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﻣَﺮَﺿِﻪِ ﻫَﺬَﺍ ﻣَﺎﺩَﺓً ﻟِﺤَﻴَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻛَﻔَّﺎﺭَﺓً ﻟِﺴَﻴِّﺌَﺎﺗِﻪِ، ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﺁﻝِ ﻣُﺤَﻤَّـﺪٍ .

Artinya : "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya Ya Allah, hilangkan dari dirinya penyakit, kembalikan dia kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. (kitab Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga)"

4. Doa menjenguk orang yang sedang sakit

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA' SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA' AN LA YUGHODIRU SAQOMA.

Dari Aisyah ra. Bahwasannya Nabi Muhammad SAW membacakan doa kesembuhan kepada sebagian keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berdoa :

"Ya Allah, Tuhan manusia, lenyapkanlah segala penyakit, sembuhkanlah, Engkau Tuhan yang menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan suatu penyakitpun." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Doa berkunjung kepada sakit 147


ﻻَ ﺑَﺄْﺱَ ﻃَﻬُﻮْﺭٌ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ

147. . “Tidak mengapa semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih insya Allah.” (165)-148


ﺃَﺳْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ ﺃَﻥْ ﻳَﺸْﻔِﻴَﻚ
<َp>“Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung Tuhan yang menguasai arasy yang agung agar menyembuhkan penyakitmu”

HR. Al-Bukhari dgn Fathul Bari 10/ 118.

“Tidaklah seorang hamba Muslim mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya lalu membaca sebanyak tujuh kali: … … kecuali ia pasti disembuhkan (HR. At-Tirmidzi Abu Dawud dan lihat Shahih At-Tirmidzi 2/210 dan Shahihul Jami’ 5/180.)

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit


ﻗَﺎﻝَ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﺇِﺫَﺍ ﻋَﺎﺩَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺃَﺧَﺎﻩُ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻢَ ﻣَﺸَﻰ ﻓِﻲْ ﺧِﺮَﺍﻓَﺔِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺠْﻠِﺲَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺟَﻠَﺲَ ﻏَﻤَﺮَﺗْﻪُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺔُ، ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻏُﺪْﻭَﺓً ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺳَﺒْﻌُﻮْﻥَ ﺃَﻟْﻒَ ﻣَﻠَﻚٍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻤْﺴِﻲَ، ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣَﺴَﺎﺀً ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺳَﺒْﻌُﻮْﻥَ ﺃَﻟْﻒَ ﻣَﻠَﻚٍ ﺣَﺘَّﻰ َ ‎

Rasulullah SAW bersabda : “Apabila seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya yang muslim maka seakan-akan dia berjalan di kebun Surga hingga duduk. Apabila sudah duduk maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila berkunjung di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar mendapat rahmat hingga sore. Apabila berkunjung di sore hari maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi.”

(167) (167) HR. At-Tirmidzi Ibnu Majah Ahmad dan lihat Shahih Ibnu Majah 1/244 dan Shahih At-Tirmidzi 1/286. Ahmad Syakir menyatakan bahwa hadits tersebut adalah shahih.

Doa untuk orang sakit parah


ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻨِﻲْ ﻭَﺃَﻟْﺤِﻘْﻨِﻲْ ﺑِﺎﻟﺮَّﻓِﻴْﻖِ ﺍْﻷَﻋْﻠَﻰ

“Ya Allah ampunilah dosaku berilah rahmat kepadaku dan pertemukan aku dengan Kekasih Yang Maha Tinggi.”

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Doa Harian dengan judul Doa Menjenguk Orang Sakit 5 Macam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/08/doa-menjenguk-orang-sakit-5-macam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Jumat, 03 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk "Doa Menjenguk Orang Sakit 5 Macam"

Posting Komentar