Doa Kesembuhan Penyakit 5 Macam

Doa kesembuhan penyakit di ajaran agama islam telah dicontohkan oleh Rasulullah. Agama islam adalah satu-satunya agama yang benar. Segala aspek kehidupan diulas dengan sangat lengkap di agama ini. Termasuk bagaimana cara memohon kesembuhan dari Allah atas penyakit yang kita idap.

Doa-kesembuhan-penyakit.gif

Siapa sih yang menginginkan suatu penyakit bersarang di tubuhnya. Kami kira semua orang mengingkan badan yang sehat setiap waktu. Tapi harus diingat bahwa sakit merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah kepada hamba-Nya dan sebagai salah satu bentuk perhatian yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Berikut ini kumpulan doa kesembuhan penyakit yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Doa memohon Kesembuhan dari Penyakit


ﺍﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﺫﻫِﺐِ ﺍﻟﺒَﺄﺱَ ﺍﺷﻒِ ‎.‎ ﺃَﻧﺖَ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻲﺀ ﻟَﺎ ﺷِﻔَﺎﺀَ ﺇِﻟَّﺎ ﺷِﻔَﺎﻭﺀُﻙَ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻟَﺎ ﻳُﻐَﺎﺩِﺭُ ﺳَﻘَﻤًﺎ ‎

Ya Allah Tuhan manusia, Hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah. Engkaulah Yang Maha Penyembuh Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit dan penyakit lain.

2. Doa Minta Kesembuhan / Doa Untuk Orang Sakit


ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍَﺯِﻝْ ﻋَﻨْﻪُ ﺍﻟْﻌِﻠَﻞَ ﻭَﺍﻟﺪَّﺁﺀَ، ﻭَﺍَﻋِﺪْﻩُ ﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﺼِّﺤَّﺔِ ﻭَﺍﻟﺸِّﻔَﺂﺀِ، ﻭَﺍَﻣِـﺪَّﻩُ ﺑِﺤُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻮِﻗَﺎﻳَﺔِ، ﻭَﺭُﺩَّﻩُ ﺍِﻟَﻰ ﺣُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻌَﺎﻓِﻴَﺔِ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻣَﺎﻧَﺎﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﻣَﺮَﺿِﻪِ ﻫَﺬَﺍ ﻣَﺎﺩَﺓً ﻟِﺤَﻴَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻛَﻔَّﺎﺭَﺓً ﻟِﺴَﻴِّﺌَﺎﺗِﻪِ، ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﺁﻝِ ﻣُﺤَﻤَّـﺪٍ .

"Ya Allah, hilangkan dari dirinya penyakit, kembalikan dia kepada kesehatan dan ke-sembuhan. Bantulah dia dengan sebaik-baik perlindungan, dan kembalikan dia kepada sebaik-baik kesembuhan. Jadikanlah apa saja yang dirasakannya pada waktu sakitnya sebagai pahala untuk kehidupannya dan penghapus atas segala kesalahan-nya. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Amin Ya Allah , Amin Ya Robbillalamin."

3. Doa Kesembuhan Penyakit Nabi Ayub AS

Di dalam Al Qur’an suradt Al Anbiyaa’ ayat 83 dan 84, terdapat rahasia doa Nabi Ayub AS sehingga sembuh dari penyakit yang beliau diderita.


ﻭَﺃَﻳُّﻮﺏَ ﺇِﺫْ ﻧَﺎﺩَﻯ ﺭَﺑَّﻪُ ﺃَﻧِّﻲ ﻣَﺴَّﻨِﻲَ ﺍﻟﻀُّﺮُّ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺭْﺣَﻢُ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴﻦ

"dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”.


ﻓَﺎﺳْﺘَﺠَﺒْﻨَﺎ ﻟَﻪُ ﻓَﻜَﺸَﻔْﻨَﺎ ﻣَﺎ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﺿُﺮٍّ ﻭَﺁﺗَﻴْﻨَﺎﻩُ ﺃَﻫْﻠَﻪُ ﻭَﻣِﺜْﻠَﻬُﻢْ ﻣَﻌَﻬُﻢْ ﺭَﺣْﻤَﺔً ﻣِﻦْ ﻋِﻨْﺪِﻧَﺎ ﻭَﺫِﻛْﺮَﻯ ﻟِﻠْﻌَﺎﺑِﺪِﻳﻦَ ‎

"Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.

Doa pada ayat 83 di atas adalah :


ﺃَﻧِّﻲ ﻣَﺴَّﻨِﻲَ ﺍﻟﻀُّﺮُّ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺭْﺣَﻢُ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻲ

“(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”

4. Doa Khusus Untuk Kesembuhan

Disyariatkan membaca doa yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW apabila kita mendapatkan ujian sakit.

Imam Bokhari - Muslim meriwayatkan hadits dari Aisyah ra :

Bahwa Nabi saw pernah menjenguk keluarganya yang sakit, lalu beliau mengusapkan tangan kanannya (ke daerah yang sakit) dan berdoa :

Allohumma Robbannaas azhibil ba’sa isyfihi wa antasy syaafi laa syifaa’an illa syifaa’uka syifaa’an yaa yughoodiru saqoman

"(Ya Allah Robb sekalian manusia, hilangkanlah kesengsaraan ini dan sembuhkanlah ia. Karena sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh dan tidak ada kesembuhan melainkan hanya dari-Mu yaitu kesembuhan yang tidak mennggalkan penyakit lagi.)"

Hadits lain dari Imam Muslim dari Utsman bin Abul Ash bahwa ia mengadukan rasa sakit yang dideritanya kepada Rasulullah saw, maka beliau saw pun bersabda :

Letakkanlah tanganmu diatas bagian tubuh yang terasa sakit itu dan ucapkanlah “Bismillah”, lalu bacalah sebanyak tujuh kali :

A’uzu bi’izzatillahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaaziru

"Aku berlindung dengan kemuliaan dan kekuasaan Allah dari bencana penyakit yang kurasakan dan kucemaskan ini."

Kata Utsman : kulakukanlah seperti itu berkali-kali hingga Allah menghilangkan rasa sakitku. Selanjutnya akupun senantiasa menganjurkan keluargaku untuk melakukan hal yang serupa (H.R. Muslim).

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Doa Harian dengan judul Doa Kesembuhan Penyakit 5 Macam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/08/doa-kesembuhan-penyakit-5-macam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Sabtu, 04 Agustus 2012

1 Komentar untuk "Doa Kesembuhan Penyakit 5 Macam"