Tips Memenangkan Negosiasi Gaji

Tips Memenangkan Negosiasi Gaji setelah melewati bab pertama, kini saatnya kita membahas khusus tentang negosiasi gaji. Dalam bab ini, kita berbincang tentang proses negosiasi gaji. Kita mulai dengan dasar-dasarnya.

1. Kenali Nilai Anda

Anda harus tahu bahwa si pewawancara mengetahui dengan jelas berapa yang akan dibayar perusahaan untuk pekerjaan anda. Mereka memiliki struktur gaji yang didasarkan pada praktik industri dan mereka telah menilai kualifikasi dan kapabilitas anda selama wawancara berlangsung. Perlu diingat, untuk menegosiasikan gaji, anda juga harus tahu berapa nilai anda. Mengetahui nilai anda bisa membantu menetapkan target gaji yang jelas. Kejelasan ini akan memberi anda rasa percaya diri dan meningkatkan peluang keberhasilan anda.

2. Tetapkan Tujuan

Dalam beberapa kajian ditemukan bahwa orang yang menetapkan tujuan dengan jelas bisa mencapai kesepakatan yang lebih menguntungkan dibandingkan mereka yang menetapkan target lebih rendah atau tidak sama sekali. Penting kiranya menetapkan target gaji dan total paket kompensasi. Bila anda menetapkan target, anda akan cepat merespon tawaran apa pun yang anda terima dengan yakin.

Karena anda mengetahui target keuangan, tanggung jawab dan kewajiban anda sendiri, anda juga akan tahu tawaran terendah apa yang bisa anda terima. Bila tawaran yang anda terima lebih rendah, tidak ada gunanya berpura-rupa mau menerima tawaran tersebut. Tapi perlu dicatat bahwa potongan gaji bukan hanya tergantung pada kebutuhan keuangan anda, tapi juga pada alternatif yang anda miliki seperti tawaran lain abu pekerjaan anda yang sekarang.

Tekankan Pada Rasa Keadilan

Kita sering mendengar ungkapan upah yang adil. Rasa keadilan amat penting untuk situasi sama-sama menang, di mana pewawancara dan anda sama-sama merasa puas ketika negosiasi ditutup. Gagasan tentang keadilan menyentuh perasaan setiap orang, meskipun setiap orang memiliki persepsi yang berbeda tentang makna keadilan yang benar-benar mereka rasakan.

Mendapatkan paket kompensasi yang adil baik oleh anda maupun calon atasan amat penting karena anda masuk ke dalam hubungan kerja terus menerus. Bila setelah empat bukan menerima tawaran kerja ternyata anda menerima 20 persen lebih sedikit dari rekan kerja anda, semangat kerja anda merosot. Di sisi yang lain, bila atasan anda merasa anda mengakalinya karena meminta paket yang lebih mahal daripada kebijakan perusahaan, mereka menjadi tidak suka pada anda. Oleh karena itu, selama negosiasi, anda harus menekankan keahlian dan pengalaman khusus anda sehingga gaji yang inginkan tamrat adil bagi atasan dan setara dengan nilai anda bagi perusahaan.

4. Kenali Minat Anda

Sebelum anda memulai negosiasi, prioritaskan berbagai minat anda dan kenali titik-titik di nama anda ingin menular sesuatu yang bernilai dengan sesuatu yang lain. Sebagai contoh, apakah gaji lebih penting daripada rencana pensiun untuk nec? Apakah anda lebih pula mendapatkan keanggotaan klub daripada masa percobaan yang lebih singkat?

Saat bernegosiasi, cobalah untuk mengeksplorasi apa kepentingan dan keterbatasan perusahaan dan ungkap minat dan keterbatasan anda sendiri, tapi hanya yang akan memberi manfaat bagi anda.

Barangkah perusahaan tidak bisa menambah gaji dan masih menjalankan kebijakan kesamarataan gaji dalam perusahaan. Tapi, petasan dengan gaji yang lebih besar, mereka akan menawarkan opsi saham, insentif lain atau bonus atas kedisiplinan hadir tanpa pernah absen. Bersikaplah kreatif dan fleksibel sesuai batas kemampuan anda.

5. Bersaing Tapi Bekerjasama

Cobalah untuk mencocokkan diri dengan gaya pewawancara. Bila anda menghadapi negosiator yang alot, yang bertekad bulat melakukan tawar-menawar dengan keras, tidak ada gunanya untuk sungkan dan menyerah tanpa sepupumian. Ini adalah titik di mana konsep gaji dengan potongan sangat berguna. Bila tawarannya jauh lebih rendah, katakan dengan jelas dan tegas, tanpa ada keraguan.

Negosiasi bukan masalah menang dengan mengorbankan orang lain. Tujuannya adalah mencapai tujuan yang sama-sama bisa diterima kedua pihak. Karena itu, tiap langkah yang anda ambil tergantung pada tujuan anda dan langkah pihak lawan.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bisnis dan Keuangan dengan judul Tips Memenangkan Negosiasi Gaji. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/07/tips-memenangkan-negosiasi-gaji.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Senin, 09 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Memenangkan Negosiasi Gaji"

Posting Komentar