Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami

Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami menggunakan ramuan herbal. Suara serak adalah kondisi dimana suara seseorang terdengar agak lain dan menjadi parau. Suara serak ini terasa sakit di tenggorokan dan umumnya seseorang yang sedang mengidap kondisi ini akan meminimalkan bicaranya sebab setiap ia berbicara ia juga akan merasakan sakit pada saluran tenggorokan dan kerongkongannya.

Serak disebabkan adanya virus yang masuk ke dalam saluran pernapasan dan atau saluran pencernaan manusia. Virus ini kemudian menyebabkan terjadinya peradangan pada tenggorokan dan kerongkongan. Suara serak yang terjadi biasanya juga akan disertai batuk, demam dan akhirnya flu. Meskipun kondisi ini tidak berbahaya namun penderitanya sebaiknya segera mengobatinya agar tidak terjadi peradangan yang lebih parah.

Gejala suara serak biasanya merupakan tanda dimana seseorang akan mengidap penyakit flu. Selain itu rasa sakit yang mencekik ketika bangun tidur adalah salah satu tanda anda akan mengalami suara serak. Dalam beberapa kasus, suara serak juga akan terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang alergi dan buah-buahan masam.

Bagi anda yang saat ini sedang mengidap penyakit serak, anda bisa mencoba cara mengobati suara serak secara alami berikut ini :

Pertama, anda bisa membuat ramuan jeruk nipis dicampur dengan kecap asin. Ambil sari jeruk nipis cukup satu sendok makan saja, kemudian berikan beberapa tetes kecap asin. Minum ramuan ini secara rutin 3 kali sehari.

Tips yang kedua adalah dengan meminum air putih satu gelas setiap setelah bangun tidur. Anda cukup meminum air putih tanpa campuran apapun dan lakukan secara rutin tips ini dengan dibarengi doa kesembuhan atas penyakit anda. Setelah bangun tidur merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk memberantas berbagai bakteri dan kuman yang mengendap di dalam tubuh.

Anda pernah mendengar larutan sirup bunga belimbing wuluh? Mungkin ini terdengar agak asing bagi anda, namun tahukah anda bahwa bunga belimbing wuluh pun bisa dibuat untuk sirup dan berkhasiat mengatasi serak dan batuk. Ambil beberapa bunga belimbing wuluh, sertakan juga sedikit belimbing wuluhnya agar sirup yang dibuat akan terasa segar. Rebus bunga dan buah belimbing wuluh tadi ke dalam air mendidih dan tunggu sampai air berubah warna menjadi merah. Anda bisa menambahkan beberapa sendok makan gula agar sirup tersebut menjadi segar. Minum larutan sirup ini rutin setiap pagi dan sore hari.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa biasanya suara serak akan terjadi beriringan dengan batuk, demam dan puncaknya menjadi penyakit flu. Jadi ada baiknya ketika anda mengalami suara serak, anda juga sudah bersiap menghadapi kemungkinan penyakit berikutnya. Minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya akan sangat membantu anda. Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imbangi juga dengan perilaku olahraga secukupnya agar aliran sistem-sistem di tubuh anda menjadi lebih normal.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/07/cara-mengobati-suara-serak-secara-alami.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Kamis, 12 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami"

Posting Komentar