Cara Mengobati Diare Pada Balita Secara Alami

Cara Mengobati Diare Pada Balita Secara Alami harus segera dilakukan. Diare adalah keluarnya urine dari tubuh manusia dalam bentuk cair dan tidak padat serta berlangsung dalam rentan waktu singkat dan terus menerus. Sehingga bagi penderita diare sangat penting untuk mendapatkan asupan cairan dalam jumlah banyak. Demikian juga dalam kasus diare pada balita, buah hati harus selalu dipastikan mendapatkan cairan yang cukup agar tubuhnya tidak lemas.

Diare disebabkan karena benda yang masuk ke dalam tubuh dalam kondisi tidak bersih dan terkandung bakteri. Misalnya saja makanan dan minuman yang dinikmati telah tersentuh oleh lalat atau tangan yang digunakan untuk memegang makanan tadi dalam keadaan kotor. Dari situlah bakteri kemudian masuk ke dalam perut dan mengganggu saluran pencernaan terutama dalam usus.

Gejala yang terjadi pada balita yang terkena diare, pada awalnya dia merasakan sakit mulas pada daerah perutnya. Selanjutnya dia akan meminta ke toilet secara berulang-ulang. Suhu badannya pun mengalami peningkatan. Pada kasus yang lebih parah, dia juga akan mengalami muntah-muntah yang cukup hebat.

Cara mengobati diare pada balita yang pertama adalah dengan membuatkannya larutan gula dan garam. Larutan gula dan garam atau masyarakat sering menyebutnya larutan oralit sederhana adalah larutan yang paling tepat untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh balita. Cairan yang keluar melalui diare akan digantikan secara cepat dengan larutan gula dan garam ini. Untuk membuat larutan gula dan garam, Anda cukup menyediakan air hangat dengan ditambah gula dan garam secukupnya. Agar buah hati mau meminumnya, sebaiknya berikan jumlah gula lebih banyak. Pastikan balita anda untuk meminumnya. Gunakan sendok makan untuk membantu anda meminumkannya pada buah hati anda.

Cara selanjutnya adalah dengan memberikannya daun jambu biji muda. Daun jambu biji muda tersebut cukup dimakan begitu saja atau digunakan sebagai lauk makanan dengan diselingi bersama makanan yang lain agar rasanya yang tidak enak bisa sedikit dimanipulasi. Bisa juga dengan memberikannya buah jambu biji muda yang masih sebesar kelereng. Biarkan balita anda menikmatinya atau mungkin perlu sedikit paksaan karena memang rasanya tidak enak. Seperti daunnya, rasa buah jambu biji muda ini juga bisa anda netralisir dengan memberikannya bersama makanan yang balita anda sukai.

Anda juga bisa menggunakan jamu kunyit untuk mengatasi diare pada bayi. Ambil jamu kunyit secukupnya kemudian dibakar sebentar saja. Setelah itu tumbuk kunyit bakar tersebut dan ambil sarinya dengan menyaringnya. Setelah sari kunyit terkumpul berikan sedikit air dan gula. Balita anda pasti suka dengan minuman ini.

Tanda-tanda diare pada balita sudah sembuh adalah dengan keluarnya fases balita berbentuk padat. Dalam kondisi balita anda sudah bisa dinyatakan sembuh. Agar tidak terjadi hal serupa lagi, anda harus memastikan makanan dan minuman yang balita anda konsumsi dalam keadaan bersih. Biasakan untuk membuatkannya bekal makanan dan minimalkan balita untuk jajan. Selain itu pastikan juga tangan balita selalu dalam keadaan bersih terlebih pada bagian kuku-kukunya.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Mengobati Diare Pada Balita Secara Alami. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/07/cara-mengobati-diare-pada-balita-secara.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Rabu, 11 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengobati Diare Pada Balita Secara Alami"

Posting Komentar