Tips Ombyokan Auri Cepat Buka

tips-ombyokan-auri.jpg


Tips Ombyokan Auri Cepat Buka - Beberapa tips untuk mempercepat auri "ombyokan" cepat untuk buka adalah sebagai berikut :

  1. Cobalah untuk memelihara minimal 3 ekor auri
  2. Masukkan dalam kandang koloni dengan disekat (tanpa melihat satu sama lain)
  3. Sebaiknya untuk memandikan dan menjemurnya secara teratur. Saat auri sedang dimandikan, dekatkan lah auri satu dengan yang lain atau dalam posisi saling berhadapan
  4. Berikanlah EF secukupnya (jangan sampai OB, di bbrp kasus OB pada auri mengakibatkan auri semakin kesetanan liarnya dan suara semakin kecil)
  5. Jika menggunakan voor import, seminim mungkin gunakanlah tambahan EF lain karena voor import diramu dengan kadar protein yang sudah lebih dari cukup
  6. Berikan apel setiap hari dan jeruk manis kecil sekali seminggu
  7. Teteskan vitasol satu tetes tiap hari di apel dan 1 kapsul minyak ikan di buah jeruk setiap seminggu sekali
  8. Untuk mengganti alas koran sebagai alas sangkar tidak perlu dilakukan setiap hari
  9. Jika voor yg digunakan berkadar protein medium, berikan madu 2 tetes setiap hari di tempat terpisah
  10. Embunkan auri mulai pukul 5.30 pagi. Jam-jam ini auri belajar buka
  11. Putarkan rekaman suara auri yang bisa didapat dari CARAOO.COM
  12. Setelah auri semakin rajin buka, baru perkenalkan perlahan-lahan koloni tanpa sekat
  13. Sering-sering lah membawa auri jalan-jalan


Selain tips-tips di atas, ada beberapa tips tambahan yang perlu diperhatikan agar Ombyokan Auri Cepat Buka. Berikut ini tips yang kami maksud :

  • Sangat susah menjawab berapa ekor UH yang paling tepat untuk aurinya. Sebab hal ini tergantung kondisi masing-masing auri. Sebagai referensi, saat saya ngombyok auri, kondisi bulu tidak komplit dan dari sisi kondisi fit-nya pun tidak 100% fit. Saat itu saya memberikan UH yang putih 5/ 5 sampai dengan kondisi aurinya fit (lincah). Kemudian baru perlahan-lahan saya turunkan UH-nya dan sekarang saya tidak menggunakan UH sama sekali.
  • Gantang tanpa sekat, efeknya akan butuh lebih panjang waktu untuk aurinya mau buka dibandingkan dengan digantang dengan memakai sekat. Menurut saya, ini uniknya auri dibanding pc jenis lain. Treatment-nya sedikit dibalik dibanding pc jawa pada umumnya.
  • Berikanlah makanan buah pada pagi saja. Jika pada siang hari buah tersebut sudah habis, jangan ditambah lagi. Biarkan aurinya makan voor untuk menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan. Kalau mau lebih advance, coba perhatikan lah kotoran aurinya. Aturlah besarnya konsumsi potongan buah harian sehingga kotoran pc berbentuk seperti lidi dan kering (firm and dry). Tips ini tidak berlaku apabila anda memberikan buah jeruk sebab jeruk akan sedikit membuat watery feces pada auri.
  • Nada call auri jantan dan betina berbeda. Cara paling gampang membedakannya adalah dengan mendengarkan selama seharian nada call auri betina yang ada di contoh suara aura betina. Setelah itu cobalah mendengarkan nada call auri jantan yang sudah kami upload di CARAOO.COM. Pasti anda akan menemukan sendiri jawaban perbedaannya.
  • Kebiasaan pemain luar khususnya Singapore, makanan pokok auri mereka hanya voor dan buah yg beragam (apel, pear, gambas, timun, jeruk, dll). EF hewani yang saat ini mereka berikan yakni UK. Kalau jaman dulu mereka sering memberikan belalang kecil, namun sekarang sangat susah menemukan belalang kecil.
    EF lainnya yang bisa dicoba adalah madu dan nektar. Menurut saya, kunci mereka (orang luar) main auri ada dua faktor. Yang
    pertama adalah balance makanan yang masuk ke auri. Voor di sini tergolong panas ditambah dengan jenis ulat-ulatan dan belalang. Maka perlu diseimbangkan dengan pemberian jumlah buah yang tepat. Simplenya kalau terlalu panas maka auri akan birahi (bahasa mereka adalah too fire), terlalu dingin maka efeknya no api. Faktor yang kedua adalah rajin dibawa ke chai (lapangan) untuk dilatih gantang dengan auri lainnya. Dengan dua faktor ini ditambah dengan teknik perawatan yang konsisten maka didapatkanlah auri yang yahud.
  • Untuk saya pribadi, memberikan konsumsi buah hanya sebesar 1 ruas jempol tangan. Karena auri milik kita jadi makannya sedikit skali. Hampir sama dengan AK atau AM.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Burung dengan judul Tips Ombyokan Auri Cepat Buka. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/tips-ombyokan-auri-cepat-buka.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 12 November 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Ombyokan Auri Cepat Buka"

Posting Komentar