Tips dan Trik Merawat Burung Pleci Secara Maksimal

merawat-pleci.jpg


Tips dan Trik Merawat Burung Pleci Secara Maksimal - Bagi Anda penghobi burung pleci, merawat burung kesayangan dengan benar menjadi standar minimal yang harus anda ketahui. Sebab dengan mengetahui bagaimana cara yang benar dalam memelihara pleci, maka akan didapatkan jenis pleci yang berkualitas alias sesuai dengan keinginan Anda. Ada sejumlah faktor yang perlu anda perhatikan untuk merawat pleci. Selain anda harus menjaga kebersihan di dalam ruangan kandang si pleci, anda pun harus memperhatikan bagaimana cara melatih suara burung pleci agar dihasilkan suara maut. Adapun tips merawat pleci agar menghasilkan kualitas yang maksimal adalah sebagai berikut :


1. Melatih Mental Si Pleci


Untuk melatih mental pleci agar cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, cobalah untuk membiasakannya hidup di tempat-tempat yang berbeda. Caranya adalah dengan memindah-mindahkan gantangan harian burung pleci. Selain itu bisa juga untuk membiasakan pleci digantang pada tempat yang ramai. Jangan lupa juga untuk sering-sering membawanya jalan-jalan ke tempat latberan meski sedang tidak dilombahkan. Hal ini akan membuat si pleci terbiasa dengan tempat asing dan suasana yang ramai. Setelah PC terlihat berani untuk berkicau di tempat ramai dan cepat untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan asing, cobalah untuk melakukan tes di latberana.


2. Amati Perilaku Si Pleci


Perhatikan baik-baik perilaku si pleci dalam kandang. Apakah PC sering meloncat-loncat karena sehat atau malah karena tidak nyaman di kandang dan pakringannya. Menurut saya biasanya pleci yang sering meloncat-loncat dipengaruhi oleh keadaan sangkar yang terlalu luas. Bisa juga karena jarak pakringan paling atas terlalu tinggi dengan atap. Cara mengatasinya adalah coba rubah model pakringan dengan sistim silang dan carilah kandang yang bagian atapnya bukan berbentuk kubah (mengerucut) tetap carilah kandang yang atapnya rata saja.


3. Perhatikan Perilaku Makan Si Pleci


Ada suatu kasus di mana ketika akan dilombakan, pleci tersebut malah sering mencari-cari makanan. Bagaimana mengatasinya? Ini sedikit pengalaman saya, biasakan sebelum pleci digantang kondisikanlah pleci tetap kencang atau disuapi dengan EF yang di sukai. Contohnya adalah UH dan cacing. Pemberian asupan ini dilakukan sampai PC tersebut benar-benar tidak mau menyentuh makanan lagi. Usahakan agar menjaga kondisi kandang sebelum digantang dalam keadaan bersih, baik itu alas maupun jerujinya. Saya biasanya dua kelas sebelum gantang selalu membersihkan kandang, alas kandang, dan jeruji kandang dari sisa-sisa makanan atau buah yang masih menempel.


4. Jenis Buah-buahan untuk Si Pleci


Seperti kita ketahui, di habitat aslinya, burung kacamata ini doyan hinggap dari satu pohon ke pohon lain untuk mencari makanan seperti buah-buahan. Berikut ini Buah-buahan yang sering saya berikan untuk pleci saya.


  • Jeruk Madu : Jeruk ini berukuran kecil dan sangat manis. Biasanya saya memberikan kepada Pleci di hari yang terik, saat hujan, atau persiapan menjelang H-1 untuk lomba. Alasan pola pemberian ini karena jeruk mengandung Vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas serta melancarkan pencernaan.
  • Tomat : manfaat pemberian tomat pada pleci adalah untuk menjernikan suara pleci. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C pada tomat termasuk tinggi.
  • Pepaya : Sebagai makanan diet alami
  • Apel : Apel sangat baik untuk pleci. Sebab apel mengandung nutrisi dan vitamin c yang tinggi juga.
  • Ketimun : Manfaat pemberian ketimun adalah untuk menurunkan birahi si pleci.
  • Pisang Kepok : Usahakan untuk memberikan pisang kepok yang sudah matang.


Pemberian buah untuk Pleci rawatan, saya aplikasikan sesuai kondisi cuaca dan karakter dari pleci kita. Apabila pleci milik kita terlalu nakal atau saat di trek terlalu semangat, biasanya saya memberikan Tomat atau Ketimun. Sedangkan apabila kondisi pleci terlalu lesu, saya biasanya memberikan buah jeruk. Lain lagi kalau pleci terlihat terlalu gemuk, maka saya akan memberikannya buah Pepaya. Lalu ketika Cuaca hujan, jeruk atau apel adalah pilihan yang tepat. Dan ketika Cuaca Panas terik, saya memberikannya dengan Jeruk atau Ketimun.


Yang pasti pemberian buah bagi saya sangat wajib. Hal ini dikarenakan selain untuk menghindari penumpukan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di dalam perut si pleci, juga sebagai asupan vitamin untuk pleci kesayangan kita.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Burung dengan judul Tips dan Trik Merawat Burung Pleci Secara Maksimal. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/tips-dan-trik-merawat-burung-pleci.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 12 November 2012

Belum ada komentar untuk "Tips dan Trik Merawat Burung Pleci Secara Maksimal"

Posting Komentar