Cara Mencegah dan Mengatasi Pleci yang Salto

mengatasi-pleci-salto.jpg


Cara Mencegah dan Mengatasi Pleci yang Salto - Apakah burung pleci kesayangan anda sering melakukan gerakan salto berulang-ulang? Hati-hati, bisa-bisa anda sendiri yang akan direpotkan oleh kebiasaan burung ini. Burung yang suka berjumpalitan merupakan problem tersendiri bagi pecinta burung. Burung-burung akan bertingkah seperti ini apabila ia mengalami stres. Umumnya adalah burung yang merupakan hasil dari tangkapan di hutan.


Kebanyakan burung liar, akan memberontak ketika mulai dikurung. Ia akan mencoba menerobos celah kandang mana saja yang memungkinkannya untuk bisa lepas.


Dari hasil pengamatan saya, burung liar paling sering mencoba melepaskan diri dari kandang dengan terbang ke arah atas. Karena itulah, terlihatlah aktifitas upaya burung ingin melepaskan diri ini sebagai suatu gerakan salto. Sebaiknya apabila burung sering melakukan upaya untuk melepaskan diri ini, harus segera diatasi. Sebab di beberapa kasus mengungkapkan kebiasaan salto yang tidak segera diatasi akan dibawanya sampai dalam keadaan sudah jinak sekalipun.


Tips yang bisa dilakukan untuk mencegah agar burung tidak salto adalah dengan menutup bagian atas sangkar. Tips ini sebaiknya dilakukan ketika kita mendapatkan burung baru dan kita akan memulai untuk melatih menjinakkannya.


Sedangkan untuk menghilangkan kebiasaan burung salto yang awalnya disebabkan stres, hampir bisa dikatakan tidak mungkin. Tapi ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Yaitu dengan cara selalu menutup bagian atas sangkar dengan kain atau bahan apa saja. Yang terpenting adalah usahakan agar sangkar bagian atas tertutup. Selain itu, bisa juga dilakukan penambahan tangkringan yang cenderung mempet ke atap sangkar sehingga tidak ada ruang yang memungkinkan burung untuk salto. Jika memang sudah keterlaluan, bisa dicoba dengan cara mengumbarnya di sangkar besar sampai dia memasuki masa mabung. Dan ketika burung sudah memasuki masa mabung, maka burung pun bisa mulai dipindahkan ke sangkar kecil dan melatihnya dengan melakukan terapi mabung total.


Namun demikian tidak ada jaminan tips-tips di atas akan menghentikan kebiasaan salto pada burung. Tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan.


Selain tips mencegah dan mengatasi burung yang suka salto di atas, anda juga harus memperhatikan faktor-faktor penyebab burung berperilaku demikian. Penyebab yang sering ditemukan adalah burung tersebut sedang mengalami stres. Stres inilah pemicu burung berperilaku aneh dan tidak menentu.


Sedangkan dari faktor nutrisi yang dikonsumsinya, bisa disebabkan oleh kekurangan mineral magnesium (Mg). Kekurangan mineral ini menyebabkan burung sangat berisiko terkena beberapa gangguan seperti bulu lembek, pucat tak berkilau sehabis mabung, rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), burung menetas mati, urat keting (tendo), terlepas sendi (luxatio), paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah, dan kematian embrio tinggi. Dengan memberikan asupan mineral magnesium yang cukup akan mengatasi tingkah pleci yang sering salto.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Burung dengan judul Cara Mencegah dan Mengatasi Pleci yang Salto. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/cara-mencegah-dan-mengatasi-pleci-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 12 November 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mencegah dan Mengatasi Pleci yang Salto"

Posting Komentar