Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

mengobati-asam-urat.jpg


Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami - Penyakit asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian persendian. Umumnya orang yang menderita penyakit asam urat akan merasa sakit apabila harus berdiri lama, duduk lama, berbaring lama. Asam urat ini tidak hanya diderita oleh orang tua, kebanyakan kasus juga menunjukkan tidak sedikit orang berusia muda, bahkan remaja yang sudah mengalami asam urat.


Ada yang bilang penyakit asam urat merupakan penyakit keturunan. Ada juga yang mengatakan karena pola hidup penderita itu sendiri. Sejatinya penyakit asam urat lebih sering diderita oleh orang dengan pola hidup dan pola makan buruk.


Beberapa tips untuk mencegah penyakit asam urat yaitu :

  1. Olah raga yang teratur, sekalipun hanya jalan kaki saja.
  2. Mengatur pola makan. Hindari makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat seperti kacang-kacangan.
  3. Minum obat tradisional untuk asam urat teratur hingga sembuh.

Berikut ini sejumlah resep jamu tradisional untuk mengobati penyakit asam urat secara alami :


1. Asam Urat tanpa disertai penyakit


Bahan yang dibutikan :
- 10 gram sambiloto kering
- 10 gram rimpang temulawak kering
- 5-10 gram komfrey
- 1 gram buah lada


Cara pengolahan :


Semua bahan di atas harus dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3 kali 1 gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.


2. Asam urat tanpa disertai penyakit II


Bahan yang dibutuhkan :
- 30-50 gram akar sidaguri.


Cara pengolahan :


Akar sidaguri dipotong-potong kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu rebuslah akar sidaguri dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Akar dan air rebusan disimpan dalam gelas tertutup selama satu malam, minum pada pagi harinya. Setelah itu ulangi akar direbus kembali airnya diminum pada sore hari.


3. Dengan keluhan kolesterol tinggi


Bahan :
- 30-50 gram akar sidaguri
- 5-7 iris buah mahkota dewa
- 9 lembar daun sambung nyawa


Cara pengolahan :


Akar sidaguri direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Akar dan air rebusannya disimpan dalam gelas tertutup selama satu malam, lalu diminum pagi harinya. Akar direbus kembali, airnya diminum pada sore hari. Irisan mahkota dewa diseduh dalam 200 cc air panas. Seduhannya diminum seperti halnya teh, 1 kali sehari pada malam hari. Daun sambung nyawa dicuci bersih lalu direndam dengan air panas selama 1-2 menit. Daunnya dimakan sebagai lalap 3 kali 3 lembar setiap hari.


4. Dengan gangguan hepatitis


Bahan :
- 30-50 gram akar sidaguri kering
- 1 ons rimpang temulawak segar
- 20 gram daun tapak liman kering
- 20 gram daun sendok kering
- 10 gram daun pegagan kering


Cara pengolahan :


Akar sidaguri direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Akar dan airnya disimpan dalam gelas tertutup selama satu malam, lalu diminum pada pagi hari. Akar direbus kembali, airnyadiminum pada sore harinya. Temulawak, tapak liman, daun sendok dan pegagan direbus dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3 kali 1 gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.


5. Dengan gangguan obesitas


Bahan yang dibutuhkan :
- 30-50 gram akar sidaguri
- 10 gram daun jati belanda
- 5 gram kemuning kering
- 2,5 gram kunci pepet kering


Cara pengolahan :


Akar sidaguri direbus dengan 2 gelas air, didihkan dan biarkan hingga tersisa 1 gelas, disimpan dalam gelas terutup selama satu malam, lalu diminum pada pagi hari. Akar direbus kembali, airnya diminum pada sore harinya. Jati belanda, kemuning, dan kunci pepet direbus dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Air diminum 3 kali 1 gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan.


6. Dengan gangguan psoriasis


Bahan yang dibutuhkan :
- 30-50 gramakar sidaguri
- 21 lembar daun mamba
- 19 gram pegagan kering


Cara pengolahan :


Akar sidaguri direbus dengan 2 gelas air, didihkan dan biarkan hingga tersisa 1 gelas, lalu disimpan dalam gelas tertutup selama satu malam. Minum pada pagi haari. Akar direbus kembali, airnya diminum sore harinya. Daun mimba dan pegagan direbus dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, arinya diminum 3 kali 1 gelas setiap hari. Atau rebus daun mimba dalam 1 liter air, air rebusannya digunakan untuk membilas tubuh ketika mandi.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/cara-mengobati-penyakit-asam-urat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 11 November 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami"

Posting Komentar