Tips Memilih Ikan untuk Aquascape

memilih-ikan-Aquascape.jpg


Tips Memilih Ikan untuk Aquascape - Apa itu Aquascape? Aquascape adalah seni menciptakan keindahan visual di dalam akuarium melalui tata letak tanaman, batu, kayu, dan sebagainya. Hobi Aquascape ini sudah marak di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu.


Sejatinya Aquascape lebih menitikberatkan bagaimana kreatifitas kita untuk menciptakan lingkungan habitat di akuarium terlihat alami dan indah. Nah, untuk menciptakan kesan hidup di dalam akuarium maka dibutuhkanlah ikan yang bergerak kesana kemari menambaha keindahan Aquascape. Oleh sebab itu, ikan yang dipilih sebaiknya berukuran relatif kecil, berwarna warni, dan hidup berkelompok. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa jenis ikan tersebut bukan perusak tumbuhan dan habitat di sekelilingnya.


Berikut ini beberapa jenis ikan yang bisa menjadi penghias Aquascape milik Anda :


1. Bangsa Cypiriniform : seperti barbs (barbus dan puntius), danio (danio dan devario), rasbora (minnow), loach (botia, sand loach, dan loach)


Cypiriniform.jpg


2. Bangsa Characiform : tetra, piranha (pacu dan silver dollar)



3. Bangsa Perciform : cichlids (nyasa, lemon), perch (angelfish), anabantoid (betta betina, sepat, dwarf gourami, pearl gourami), gobi.



5. Bangsa Gasterosteiformes : stickleback



6. Bangsa Atheriniformes : rainbowfish



Selain ikan yang bagus untuk Aquascape di atas, ada baiknya Anda mengetahui jenis ikan mana yang harus dihindari untuk Aquascape, dan berikut beberapa di antaranya :


1. Ikan mas (Carp) dan Catfish (catfish, plecos, suckermouth) tidak sesuai untuk aquascape karena dikenal sebagai perusak tanaman dan membongkar substrat.



2. Puffer, Piranha, Oscar, Cichlid besar tidak sesuai untuk aquascape karena tempramen yang bersifat teritori dan agresif.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ikan dengan judul Tips Memilih Ikan untuk Aquascape. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/tips-memilih-ikan-untuk-aquascape.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 11 November 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Memilih Ikan untuk Aquascape"

Posting Komentar