Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat

Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat gampang banget. Melambatnya kemampuan komputer dalam melakukan operasi pekerjaan pernah dialami oleh semua pengguna komputer, pc, dan laptop di seluruh dunia. Biasanya, komputer yang melambat dikarenakan oleh faktor usia komputer yang sudah saatnya untuk di-LEM BIRU. Selain itu, faktor virus dan malware pun bisa juga menjadi penyebab komputer baru sudah melambat kinerjanya. Lalu, bagaimana cara mengatasi komputer lambat itu?

cara-mengatasi-komputer-lambat.jpg

Di bawah ini adalah penyebab-penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya sehingga perlu tutorial troubleshooting Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat secara lengkap :

1. Kapasitas RAM penuh

Komputer yang menjadi lambat biasanya disebabkan oleh kapasitas memori internal komputer sudah terlalu penuh sehingga perlu perjuangan ekstra kuat bagi komputer untuk menjalankan operasi. Cara mengatasi komputer lambat yang disebabkan oleh RAM adalah dengan memeriksa kapasitas memori internal yang terpasang. Bagi komputer pentium 4 dengan sistem operai windows xp, cobalah untuk meng-upgrade memori menjadi 1 GB.

2. Terlalu banyak software yang diinstal

Sering kita menemukan komputer pribadi diinstal berbagai macam software dan aplikasi tambahan di dalamnya tanpa mengindahkan apakah software itu penting untuk menghiasi komputer. Cobalah rutin memeriksa software yang telah berada di komputer melalui Add/Remove Program di Control Panel. Un-instal beberapa program yang tidak perlu akan mengatasi komputer lambat milik anda.

3. Terlalu banyak program yang start up

Berhubungan dengan cara mengatasi komputer lambat pada poin kedua bahwa semakin banyak software yang diinstal maka akan semakin besar kemungkinan komputer akan menjadi lambat. Semua Software yang diinstal di komputer juga akan melakukan start up bersamaan dengan windows start up. Hal inilah yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Untuk mengatasinya, CARAOO menyarankan untuk menonaktifkan startup otomatis pada software-software ini. Masuk ke System Configuration Utility dengan cara, masuk run kemudian ketik msconfig. Pada tab Service and Startup, lakukan uncheck terhadap software yang tidak perlu. Untuk mengetahui software yang sedang running, anda bisa menggunakan tool Process Explorer. Melalui tool ini, kita bisa mengetahui dan menonaktifkan software yang tidak diperlukan ataupun yang dicurigai sebagai virus.

4. Jumlah temporary file membengkak

Membengkaknya jumlah file-file temporary atau file sementara bisa menjadi penyebab komputer menjadi lambat. Untuk pengguna sistem operasi windows xp, lokasi temporary file berda pada :

C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp
dan
C:\WINDOWS\Temp

Apabila anda berniat membersihkan file-file sementara ini, cukup dengan menghapus (delete) file-file yang berada pada kedua lokasi di atas atau gunakan dengan software Disk Clean Up dengan cara klik start kemudian run, ketik cleanmgr, lalu pilih drive yang akan dibersihkan.

5. Terlalu banyak software security program

Security program memang wajib diinstalkan pada komputer, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan komputer menjadi lambat. Software keamanan seperti antivirus dan firewall, sebaiknya cukup memilih 1-2 software antivirus terpercaya. Biasakan untuk rutin mengupdate ke versi terbarunya dan berhati-hatilah ketika mengkoneksikan flashdisk atau memory card.

6. Harddisk bermasalah

Harddisk bisa menjadi penyebab komputer lambat dari segi memori komputer. Biasanya harddisk yang berkapasitas rendah, telah terfregmentasi, kecepatan rpm menurut, atau harddisk yang mengalami bad sector akan membuat komputer lambat. Cara mengatasi komputer lambat yang disebabkan oleh harddisk adalah dengan mengupgrade atau menambah kapasitas memori harddisk. Lakukan defragmenter harddisk secara berkali dan hindarkan dari debu, goncangan, serta panas. Perbaiki juga kerusakan harddisk dengan melalui tool check disk.

7. Virus, malware, dan spyware

Jika komputer persepam virus atau malware, maka sebaiknya jalankan windows pada Safe Mode. Nonaktifkan fasilitas System Restore dan gunakan software pembersih virus dan malware.

8. Systems files corrupt atau tidak ditemukan

Setelah komputer terinfeksi virus, biasanya file-file system akan terkena serangan virus. Ketika kita menjalankan software antivirus, yang terjadi adalah file-file system yang telah terinfeksi itu akan dihapus oleh antivirus. Tips cara mengatasi komputer lambat karena file system hilang adalah dengan me-repair sistem operasi.

9. Hardware overheat

Kasus hardware mengalami overheat bisa terjadi pada harddisk, vga card, prosesor, atau yang lainnya. Secara umum hal ini bisa menjadi penyebab komputer lambat bahkan bisa lebih parah lagi seperti komputer akan mengalami hang dan sering restart sendiri. Periksalah sitem sirkulasi udara pada CPU berjalan dengan baik dan perhatikan fan harus bersih dari debu dan berputar secara lancar.

10. Konektivitas jaringan

Komputer yang tergabung dalam jaringan bisa menjadi lambat karena trafik jaringan terlalu tinggi, sementara hub atau switch mengalami hang. Adanya virus yang masuk ke dalam jaringan pun bisa menjadi masalah serius demi kelancaran jaringan. Cobalah untuk melepaskan konektor RJ 45 yang menempel pada LAN Card di CPU lalu pasang lagi. Anda juga bisa me-restart switch dan gunakan software Port Scanner untuk mengawasi aliran data yang keluar dan masuk di komputer. Demikian Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat dan semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dan Internet dengan judul Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/08/share-faktor-penyebab-cara-mengatasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Kamis, 02 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk "Share Faktor Penyebab Cara Mengatasi Komputer Lambat"

Posting Komentar