6 Manfaat Bodyweight Training untuk Kesehatan

manfaatBodyweightTraining.jpg


Manfaat Bodyweight Training untuk Kesehatan - Selain weight lifting (angkat beban), latihan beban juga bisa Anda lakukan dengan metode bodyweight training. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya bahwa bodyweight training merupakan latihan beban dengan menggunakan berat tubuh sebagai bebannya.
Kelebihan bodyweight training adalah, latihan ini tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda cukup berlatih dengan menggunakan tubuh Anda sebagai bebannya. Bahkan jika dilakukan dengan serius, latihan ini akan memberikan manfaat yang luar biasa.


Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bodyweight training:


1. Tubuh lebih Kencang dan Ideal


Tahukah Anda bahwa tubuh membutuhkan latihan beban untuk dapat terlihat ramping dan kencang? Dengan latihan bodyweight training dapat memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pembakaran kalori dan pembentukan ototuntuk tubuh lebih kencang dan ideal.


2. Mengendalikan Nafsu Makan


Bodyweight training juga efektif dalam membantu mengendalikan nafsu makan. Melakukan latihan bodyweight kurang lebih 20 menit, dapat memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan endorfin, hormon yang tak hanya dikenal sebagai pereda stres tapi juga berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Nafsu makan tak terkendali merupakan salah satu masalah besar bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.


3. Meningkatkan Kepadatan Tulang


Penelitian membuktikan bahwa dengan rajin melakukan latihan beban, kepadatan tulang akan tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga berlaku jika Anda rajin melakukan bodyweight training. Menurunnya tingkat kepadatan tulang merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis.


4. Melatih Lebih banyak Otot


Bodyweight training tak hanya efektif dalam menjaga kepadatan tulang. Lebih dari itu, latihan ini juga baik untuk melatih lebih banyak otot dalam satu gerakan. Misalnya cukup dengan melakukan push up, Anda sudah melatih banyak otot seperti otot tricep, dada, punggung, dan perut.


5. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan


Seperti halnya latihan beban yang lain, bodyweight training juga memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh. Saat berlatih beban, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan dan testosteron. Dengan meningkatnya kadar testosteron dalam tubuh, berarti meningkat pula perkembangan otot dan daya tahan tubuh Anda setelah latihan.


6. Meningkatkan kinerja Sistem Hormon Tubuh


Endokrin merupakan kelenjar penghasil hormon yang terdapat dalam tubuh kita. Jika tidak berfungsi denganbaik, endokrin tidak dapat memproduksi hormon yang dibutuhkan otot untuk tumbuh danberkembang setelah latihan. Tak hanya berperan dalam meningkatkan massa otot, bodyweight training juga menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Bahkan, baru-baru ini penelitian menyebutkan jika latihan beban termasuk bodyweight training, memiliki efek positif pada perkembangan otak dan kemampuan kognitif pada manusia.


Nah, tunggu apa lagi? Ayo berlatih bodyweight training!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fitness dengan judul 6 Manfaat Bodyweight Training untuk Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/11/6-manfaat-bodyweight-training-untuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 13 November 2012

Belum ada komentar untuk "6 Manfaat Bodyweight Training untuk Kesehatan"

Posting Komentar