Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna 7 Langkah

Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna secara baik dan benar agar awet. Panci merupakan alat memasak yang paling sering digunakan. Dari aktifitas menggoreng, menumis, merebus, hingga menanak semuanya umum mempergunakan panci. Oleh sebab itulah pengetahuan tentang perawatan dan penggunaan panci serbaguna sebaiknya perlu diketahui. Ini dilakukan agar panci yang kita gunakan bisa awet dan tahan lama. Berikut ini tips Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna agar lebih awet :

  1. Sebelum digunakan, panci yang masih baru dipanaskan bagian bawahnya selama 10 menit. Selanjutnya didinginkan dan berikutnya dicuci serta dipanaskan lagi pada panci bagian bawah dan atas masing-masing 10 menit. Jadi total keseluruhan waktu pemanasan minimal adalah 40 menit, lebih lama lebih baik. Keterangan tambahan : untuk pemanasan reyen, bila menggunakan kompor minyak atau kayu bakar harus diberi alas seng atau alumunium.
  2. Untuk panci yang dipakai kurang dari tiga bulan, jangan sekali-kali panci direndam air terlalu lama setelah dipakai untuk memasak. Yang benar adalah panci langsung dicuci kemudian dilap dan dijemur atau dipanaskan di atas kompor.
  3. Selama kurang lebih tiga bulan, pergunakanjah lebih dahulu panci untuk menanak nasi, membuat nasi goreng dari beras, berondong jagung, atau sejenis aktifitas menggoreng lainnya. Jangan dulu dipakai untuk mengoven, merebus air, atau memasak makanan yang bersifat berair.
  4. Bila terdapat sisa-sisa makanan atau reaksi lain dari logam yang sulit dibersihkan, cara menghilangkannya yaitu dengan menggunakan kertas gosok atau ampelas kertas No. 240.

Petunjuk Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna Tambahan

  1. Hal-hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pemanasan atau pengreyenan awal dianggap perlu karena dapat memadukan campuran-campuran logam panci. Dengan demikian semakin lama pemanasan awal maka semakin padu sehingga panci bisa semakin irit bahan bakar (kurang dari 60 %) dan tidak mudah terjadi reaksi logam pada panci (noda-noda hitam).
  2. Yang paling penting sehabis dipakai untuk memasak, terutama panci yang masih baru, panci jangan direndam terlalu lama. Jadi yang paling baik adalah setelah dipakai panci langsung dicuci kemudian dijemur. Hal ini juga akan menghindari panci dari reaksi logam yang menimbulkan noda hitam.
  3. Bila ada noda-noda sisa makanan atau lemak-lemak kering bisa dibersihkan dengan abu gosok yang halus atau dengan Vim kemudian disabun. Bila ternyata kotoran masih membandel dan sukar dihilangkan maka pergunakanlah Ampelas Waterpoff yang halus. Gosok panci dalam keadaan basah atau berair.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kuliner dengan judul Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna 7 Langkah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/07/cara-merawat-dan-menggunakan-panci.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Senin, 02 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Merawat dan Menggunakan Panci Serbaguna 7 Langkah"

Posting Komentar