Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Jatuh

cara-mengobati-luka-lecet.jpeg

Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Jatuh dapat dibedakan menjadi dua metode. Luka adalah kondisi dimana organ tubuh mengalami kerusakan. Luka lecet merupakan sakit yang tejadi pada lapisan kulit terluar yang mengalami pengelupasan atau terkoyak. Pada beberapa kasus luka lecet juga bisa terjadi hingga lapisan daging terlihat.

Luka lecet biasanya disebabkan oleh tubuh terjatuh dan bergesekan dengan benda keras dan kasar. Selain itu, luka lecet juga terjadi akibat gesekan antara kulit dengan benda kasar berlangsung begitu cepat. Orang yang terluka akan mengeluarkan darah dari lukanya dan tentu akan terasa perih.

Anda yang saat ini sedang mencari tips cara mengobati luka lecet akibat jatuh bisa menggunakan tips kesehatan berikut ini :

Mengobati luka lecet akibat jatuh secara alami

Untuk menyembuhkan luka lecet secara alami anda bisa menggunakan daun petai cina. Daun petai cina atau di jawa disebut dengan mlandingan dan lamtoro (petai cina ukuran lebih besar) sangat ampuh mengobati luka pada bagian luar tubuh. Cara mengobati luka lecet menggunakan daun petai cina ini juga sering diajarkan dalam pramuka. Pengobatannya sangat gampang. Anda cukup menumbuk daun petai cina tersebut sampai keluar airnya. Kemudian usapkan pada bagian kulit yang terluka. Ingat, sebelum melakukan cara ini lebih baik anda membersihkan luka anda terlebih dahulu.

Tips kedua mengobati luka secara alami menggunakan Daun Pinisilin. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu daun pinisilin atau mungkin ada sebutan lain dari daun ini bisa mengenalinya melalui ciri-cirinya. Daun Pinisilin berbentuk mirip daun pepaya namun seukuran daun waru. Jarak ruas-ruas daunnya pun lebih sempit dengan jumlah 5 ruas setiap daunnya. Bunga daun pinisilin berwarna merah tak beraturan dan bercabang-cabang, mirip bunga daun pepaya tapi tegak ke atas dan berwarna merah. Pengobatan luka menggunakan daun pinisilin seperti halnya menggunakan daun petai cina. Daun cukup ditumbuk dan dioleskan pada kulit yang terluka. Sekedar intermezo, bahwa daun pinisilin juga merupakan bahan wajib bagi obat-obatan luka ringan seperti obat merah.

Harus diingat bahwa mengobati luka lecet secara alami diatas ditujukan untuk luka-luka ringan saja. Jangan pernah sekali-kali digunakan untuk luka lecet yang cukup lebar ataupun cukup dalam.

Mengobati luka lecet akibat jatuh menggunakan obat-obatan modern

Obat-obatan modern memang sangat diperlukan kapanpun dan dimanapun. Itulah sebabnya ada baiknya anda selalu memastikan kelengkapan kotak P3K di rumah. Jika anda ingin mengobati luka lecet, kami akan menyampaikan pertolongan mengenai kasus ini yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Anda harus membersihkan luka anda terlebih dahulu. Gunakan air atau alkohol dengan kadar rendah untuk membersihkannya. Usap bagian kulit yang terluka secara perlahan-lahan, jika diperlukan gunakan kapas bersih untuk membantunya.

Setelah kondisi permukaan kulit menjadi bersih, tutuplah luka tersebut menggunakan kapas. Anda bebas menggunakan obat merah atau tidak. Jika luka masih menganga, kami menyarankan untuk tidak menggunakannya. Setelah bagian yang terluka tertutupi kapas dengan rapi, berikan plester untuk merekatkannya.

Sebaiknya ketika anda mengalami luka, rajin-rajinlah meminum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh. Anda juga disarankan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin c dan e untuk imunitas dan regenerasi jaringan. Dan jangan lupa untuk tetap minum susu agar tubuh sehat dan tulang kuat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Jatuh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/07/cara-mengobati-luka-lecet-akibat-jatuh.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Sabtu, 14 Juli 2012

3 komentar untuk "Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Jatuh"