Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-berpuasa.jpg

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa adalah tips yang sangat berguna. Hore, akhirnya Bulan Ramadhan datang juga. Sudah tidak sabar nih menjalankan ibadahnya. Eits, tunggu dulu. Salah satu keluhan ketika muslim menjalankan puasa adalah mulut yang berbau. Bagaimana cara mengatasi bau dari mulut ini ya?

Bau mulut adalah kondisi dimana mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap buat tidak wangi. Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya aktifitas bakteri jahat di dalam mulut. Di hari-hari biasa, mulut bisa menghasilkan air ludah secara normal. Sedangkan pada waktu seseorang berpuasa, jumlah produksi air ludah jauh lebih sedikit dari biasanya. Itulah sebabnya bakteri di mulut menjadi bertambah banyak dan menyebabkan bau mulut.

Berikut ini cara mengatasi bau mulut selama berpuasa yaitu :

  1. Gosok gigi sebelum sahur dan setelah berbuka. Rajinlah menggosok gigi anda kita menjalankan ibadah puasa. Bagaimanapun gigi yang bersih pasti sangat kecil kemungkinannya untuk mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  2. Bersihkan lidah anda. Lidah merupakan tempat bersarangmya bakteri di dalam mulut. Gosok permukaan lidah anda menggunakan sikat gigi buat sikat khusus lidah.
  3. Gunakan obat kumur non-alkohol. Selain berguna menyegarkan mulut, obat kumur akan sangat berguna untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Anda bisa mencoba obat kumur yang sudah banyak beredar di pasaran. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan komposisi bahan obat kumur tersebut tidak mengandung alkohol.
  4. Silat Gigi Siwak. Sampai saat ini Siwak masih menjadi primadona untuk mengatasi bau mulut selama berpuasa. Dengan cara ini anda mendapatkan mulut bebas bau dan sekaligus menjalankan sunnah Rasul. Sayangnya, cukup sulit untuk mendapatkan batang Siwak di Indonesia.
  5. Perbanyak konsumsi air putih di malam hari. Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih sangat berguna bagi kesehatan. Begitupun bahwa air putih juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut.
  6. Menu sehat. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan dan hindari makanan berminyak akan membantu anda mengatasi bau mulut. Selain itu, hindari juga makanan-makanan yang menyebabkan panas dalam seperti makanan digoreng, pedas dan kuah bersantan.
  7. Membaca Al Quran. Sempatkanlah untuk membaca Al Quran walau sebentar. Anda akan memperoleh ibadah yang berlebih ketika mendampingkan membaca Al Quran pada saat berpuasa.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://zanabiku.blogspot.com/2012/07/cara-mengatasi-bau-mulut-saat-berpuasa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Kamis, 19 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa"

Posting Komentar