Pengertian Apa Itu Komputer

Pengertian Apa Itu Komputer kata komputer itu sendiri berasal dari kata bahasa Yunani yaitu computare yang berarti menghitung atau menggabungkan secara bersama-sama. Secara umum komputer dapat diartikan sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi, dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah, dan menyajikan data).

Komputer juga terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain.

Beberapa definisi komputer berdasarkan pendapat rasa ahli adalah sebagai berikut.

Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi berupa input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di dalam memori serta menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, memproses input sesuai dengan program, menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan, dan menampilkan output dalam bentuk informasi.

Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa adanya campur tangan dari manusia.

Menurut Sanders, komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpa data input,memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruks yang telah tersimpan di dalam memori.

Dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah, input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dan Internet dengan judul Pengertian Apa Itu Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://zanabiku.blogspot.com/2012/07/pengertian-apa-itu-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Zaenal Abidin - Selasa, 10 Juli 2012

1 Komentar untuk "Pengertian Apa Itu Komputer"